Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat,kampung adat Dukuh terletak di desa Ciroyom kecamatan Cikelet kabuten Garut provinsi Jawa Barat.Kampung ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Dari kota Garutnya sendiri bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 – 5 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan umum.Tapi jika dengan motor atau mobil pribadi bisa lebih cepat.

Saya sengaja berkunjung ke kampung Dukuh bersama putri saya untuk liburan di kampung halaman,karena kami memang asli Pameungpeuk cuma merantau di Jakarta.Saya berasal dari Desa Mancagahar,sekitar 45 menit perjalanan dengan ojek ke kampung Dukuh.

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Dari Jakarta kami menggunakan Bis Primajasa,kami berangkat malam hari pukul 10 tiba di terminal Garut subuh pukul 1/2 4 dini hari.Kami singgah di Mushola untuk menunggu waktu sholat subuh.

Pukul 6.30 pagi kami melanjutkan perjalanan dengan mobil umum Elf jurusan Garut-Cikelet,perjalanan ini menghabiskan waktu 4 jam untuk sampai ke persimpangan yang mau ke kampung Adat Dukuh.Kami tiba di persimpangan pukul 11 siang.Kemudian kami naik ojek ke kampung Adat Dukuh.

Perjalanan dengan ojek ini betul-betul sensasi yang luar biasa,jalanan berbatu,naik turun dan berliku,untung saat itu jalanan kering karena sebelumnya tidak hujan.Langit cerah,tidak terbayangkan bagaimana jika dalam keadaan hujan,pastinya licin dan tidak bisa dilalui motor atau mobil.

Tukang ojek yang membawa kami sangat lihai dan terlihat sudah biasa dengan jalannya,karena dia memang asli orang sekitar kampung dukuh.Kami bertiga dengan satu motor.Putriku yang masih sekolah dasar terlihat senang dan sangat menikmati perjalanan naik ojek,sementara saya terus komat-kamit baca do,a supaya kami selamat sampai tujuan.

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Kami tiba di kampung Adat Dukuh pukul 11.35 siang,jadi perjalanan dengan ojek makan waktu 35 menit,dari simpangan Dukuh sampai masuk ke kampung Adat Dukuh dalam.

Kami disambut ramah oleh para sesepuh kampung dan langsung diperkenalkan kepada kepala kampung adatnya yang biasa dipanggil dengan mama uluh.

Di rumah kepala adat sudah banyak tamu pelajar dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian untuk keperluan sekolah dan kuliah mereka.

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Sementara di bagian belakang rumah terlihat para ibu sedang sibuk mempersiapkan masakan untuk para tamu yang datang.Jadi biasanya para tamu yang datang memberi sekedar sumbangan untuk kampung Dukuh seiklasnya dan sumbangan berupa uang atau sembako itu biasanya digunakan untuk keperluan menjamu tamu-tamu yang datang dan juga untuk warga kampung Dukuhnya.

Alhamdulillah saya punya kesempatan berbincang dengan mama uluh walau cuma sebentar tapi cukup menyenangkan.Mereka semua ramah-ramah.

Setelah kami lelah dan puas keliling-keliling melihat-lihat sekitar kampung Dukuh,kami dipersilahkan untuk ziarah dan mandi di pancuran untuk merakan sejuknya air pancuran ,tetapi itupun kalau kami mau.Dan kami memutuskan untuk mandi di pancuran.Wuiiiiih nyeeeeees segernya poooool.

Selesai mandi kami dipersilahkan untuk makan hidangan yang telah disediakan,kami makan bersama mama uluh dan semua tamu serta keluarga kampung adat.Ahamdulillah nikmaaaaaaat.Thank to God.

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat

Rumah adat di kampung ini hanya ada 40 suhunan,berbentuk panggung,dinding bilik,tiang bambu dan atap ijuk.Pakaian mereka rata-rata warna hitam baik perempuan maupun laki-laki.Mata pencaharian mereka bertani dan berkebun.Terdapat masjid untuk para lelaki sholat sedangkan perempuan sholatnya di dalam rumah.

Ada juga Madrasah tempat mengaji anak-anak dan juga orang dewasa.Untuk penerangan di kampung ini memakai cempor.Usai makan dan berbincang – bincang dengan mama uluh dan para sepuh serta para wanita,kami pamit untuk pulang ke Desa kami di Mancagahar.BACA JUGA ARTIKEL SEBELUMNYA

Kami pulang dengan menggunakan ojek yang tadi lagi sampai ke desa kami.Saya menginap di rumah orang-tua yang kebetulan tinggal ibu ,karena bapa sudah meninggal setahun yang lalu.Keesokan harinya sebelum kami pulang ke Jakarta,pagi harinya kami menyemapatkan untuk pergi ke pantai Santolo yang 10 menit dengan motor.

Siang hari pukul 2 kami pulang ke Jakarta dengan mobil umum langsung ke Cileunyi tempat pool bis Primajasa.Kami tiba di rumah Jakarta pukul 3 dini hari dengan sehat dan selamat.Putriku langsung mandi dan menyiapkan segala keperluan sekolahnya.Alhamdulillah. SUNDA WIWITAN

Pesona Kampung Adat Dukuh Garut Jawa Barat,bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda.Untuk menikmati  keindahan alam dan kesejukan udara serta keramah-tamahan orang-orang kampung adat Dukuh.